Dunia Cyber

Just another WordPress.com weblog

Tutorial MS-DOS

Posted by rafikaananta pada Maret 26, 2009

Hallo teman-teman cyber bagaimana kabarnya ? semoga baik-baik saja kan !!!

Pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah tutorial yang mungkin dianggap sangat kuno bagi teman-teman cyber yaitu Sistem Operasi DOS, saya sengaja untuk menulis soal MS-DOS ini karena banyak sekali teman-teman cyber yang kurang tahu apa itu DOS, padahal sistem operasi ini sangat dibutuhkan sekali terutama bagi teknisi-teknisi komputer apalagi bagi teman-teman yang suka mengutak-atik suatu system baik windows maupun linux. Dan sistem operasi ini juga bisa untuk memperbaiki segala macam hardware seperti memperbaiki kerusakan Hardisk walaupun sekarang ini sudah lebih canggih lewat under windows. Tapi apa salahnya apabila kita belajar lagi soal MS-DOS terutama soal fungsi-fungsinya. Oke teman-teman kita mulai saja ya karena cukup panjang sekali :

PENDAHULUAN

1.1. Apakah Sistem Operasi itu :

Sistem operasi bisa didefinisikan sebagai :

  1. Perangkat Lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user) dengan perangkat keras (Hardware). Pemakai komputer dibagi menjadi : a. Pengguna biasa (Common user), b. Seorang yang membuat aplikasi (Programmer), c. Seseorang yang menjadi operator pengguna program (Aplikasi).
  2. Tujuan dari adanya OS (Operating System) adalah menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan, menyediakan sarana sehingga komputer menjadi mudah, memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien.

DOS yang akan kita bahas disini adalah MS-DOS 6.22

Beberapa utilitas MSDOS versi 6.22 sbb :

  1. Memiliki fasilitas doublespace untuk mengkompresi disk dan fasilitas drivespace yang ada pada fasilitas doublespace. Digunakan untuk menyimpan informasi untuk file yang dikompres dalam format yang berbeda.
  2. Fasilitas Scandisk. Utility yang digunakan untuk mendiagnosa dan memperbaiki disk yang rusak baik yang dikompresi atau tidak. Memperbaiki crosslinks dan cluster yang hilang serta memperbaiki kerusakan fisik disk.
  3. Fasilitas Smartdrive. Digunakan untuk mengamankan data dengan cara tidak menunjukkan prompt dahulu sebelum data direkam.
  4. Fasilitas DiskCopy. Berfungsi untuk mengkopi satu disket ke disket lainnya.
  5. Microsoft Defragmanter. Berfungsi untuk menata letak file dan direktori agar lebih cepat dalam pencarian file.

PENGOLAHAN FILE DAN DIREKTORI

Dalam pengoperasian DOS terdapat command-command/perintah yang dikelompokan dalam 2 kelompok yaitu :

  • Internal Command : Perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus, karena semua intruksi internal sudah ditampung dalam file command.
  • External Command : Untuk mempermudah mempelajari fasilitas DOS maka tiap perintah sudah terdapat file help untuk menjalankannya bisa digunakan perintah seperti contoh berikut ini :
  1. Help : A:\>copy/? atau A:\>help copy ===>> A:\>[command]/?
  2. Copy : Perintah ini digunakan untuk menyalin atau mengkopi file. Bentuk umum perintahnya adalah sebagai berikut copy [file asal] [file tujuan]. Contoh A:\>copy a:\tugas c:\latdos. Untuk mengkopi seluruh file hanya menggunakan perintah A:\>copy a:\*.*
  3. Del : Berfungsi untuk menghapus atau mendelete file, bentuk umumnya adalah Del [nama file], contoh : C:\>del *.doc (digunakan untuk mengapus file yang berekstensi DOC).
  4. DIR : digunakan untuk melihat isi direktori, bentuk umumnya adalah DIR (drive:)(path)(filename)(/p)(/a)(/w) ((:attribs))(/o)((:)(/s)(/b)</l)</c(h)).(/p) untuk menampilkan nama file perhalaman, (/a) untuk menampilkan nama file yang terhidden, (/w) untuk menampilkan nama file secara melebar, (/s) untuk menampilkan file dan root direktory sampai sub-direktory, (/b) untuk menampilkan nama file perbaris.
  5. REN : digunakan untuk mengubah (rename) nama file dengan yang baru, perintah ini tidak akan mengubah isi dari file tersebut. Bentuk umumnya REN [nama filename] [nama filebaru]. Contoh C:\> Ren tugas.doc  latihan.doc
  6. TYPE : Digunakan untuk menampilkan file text, perintah ini hanya bisa digunakan untuk satu file text. Contoh C:\> type surat.txt maka akan terlihat isi file surat tersebut.
  7. XCOPY : Bentuk umum C:\>XCOPY SUMBER [DESTINATION] [/Y\-Y] [/A\/M] [/D:DATE] [/P] [/S] [/E] [/V] [/W]. DESTINATION diisi dengan subdir letak file secara lengkap. /Y : untuk tidak menampilkan pesan jika terjadi penimpaan file. /-Y : untuk menampilkan pesan jika ada penimpaan file. /A: Menyalin hanya pada file yang beratribut arsip (archive). /M: menyalin file yang telah diberi attribute archieve. switch ini berbeda dengan /A karena switch /M merubah atribut file asal. /D:date menyalin hanya file yang bermodifikasi pada tanggal yang telah dispesifisikan. /P : digunakan agar MS-DOS menanyakan terlebih dahulu setiap aktifitas XCOPY. /S : Menyalin suatu direktori berikut seluruh file dan subdirektori didalamnya. /E : digunakan bersama switch /S  yang fungsinya untuk menya;in sebuah direktori. /V : untuk memeriksa setiap file yang disalinkan tersebut sama dengan file asal. /W : digunakan agas MS-DOS menampilkan pesan-pesan terlebih dahulu, sebelum xcopy menyalin file-file tersebut.
  8. MOVE : Perintah ini digunakan untuk memindahkan satu atau beberapa file pada tempat yang kita inginkan. Intruksi MOVE selain untuk memindahkan file juga bisa mengganti nama direktori dan nama file yang dipindahkan. Bentuk umumnya MOVE [drive:] [path] [filename], [drive:] [filename[…]] destination. Contoh : C:\> Move c:\tugas.doc c:\latihan ; artinya memindahkan file tugas.doc kedalam direktori latihan.
  9. MD\MKDIR (Make Direktory) : Digunakan untuk membuat sebuah direktori, bentuk umumnya MD [nama_direktori], contoh : C:\>MD Latihan ; artinya membuat direktori latihan.
  10. CD\CHDIR : Digunakan untuk pindah direktori atau mengubah direktori yang aktif. Bentuk umum CD [nama_direktori] ; contoh C:\>CD latihan artinya masuk/aktif kedalam direktori latihan.
  11. RD : Digunakan untuk menghapus direktori, bentuk umum RD [nama_direktori], contoh C:\>RD latihan artinya direktori latihan telah dihapus.
  12. CHKDISK : Perintah ini digunakan untuk menampilkan status dari disk, kesalahan yang ditemukan pada FAT(file system), keutuhan dari file dan disk, menampilkan total memory yang masih tersedia, melihat sistemnya serta dapat juga memperbaikinya bila ada kesalahan. Jika CHKDISK menjumpai adanya eror maka akan memberikan pesan untuk tidak lanjutnya. Parameter /F : digunakan untuk memperbaiki kesalahan pada disk. /V : digunakan untuk menampilkan setiap file di setiap direktori. Instruksi CHKDISK hanya akan mengenal kesalahan fisik, sehingga jika terjadi kesalahan/eror cross linked CHKDISK tidak dapat memperbaiki kesalahan/eror.
  13. FDISK : Digunakan untuk mengetahui informasi tentang partisi harddisk yang dimiliki serta dapat juga melakukan membuat partisi dan drive logical, mengatur partisi yang aktif dan menghapus partisi dan drive logical.
  14. FORMAT : Bentuk umum FORMAT [/parameter], parameternya terdiri dari /V : Menentukan volume label, /Q : Memformat disk dengan cepat, /U : cara ini digunakan untuk hardisk yang sering mengalami kesalahan baca tulis, /F : Menentukan kapasitas disk yang akan diformat, /B : memberikan cadangan tempat untuk sistem operasi seperti IO.SYS dan MSDOS.SYS pada disk yang baru diformat, /S : memberikan system operasi seperti file COMMAND.COM, IO.SYS dan MSDOS.SYS.
  15. SCANDISK : Digunakan untuk mengecek dan memperbaiki kerusakan hardisk, bentuk umumnya SCANDISK [drive:] [/parameter], parameternya terdiri dari : /AUTOFIX : digunakan untuk mengecek dan memperbaiki jika ada kerusakan tanpa meminta konfirmasi dari kita untuk memperbaiki atau tidak, /ALL : digunakam untuk mengecek dan memperbaiki semua local drive, /CHECKONLY : digunakan untuk mengecek drive tanpa diperbaiki, /CUSTOM : digunakan untuk menjalankan scandisk dengan menggunakan konfigurasi dari file scandisk ini, /NOSAVE : digunakan untuk menghapus cluster yang rusak jika ditemukan tanpa merekam data, /NOSUMARRY : digunakan untuk tampilkan hasil output tanpa full screen untuk setiap kali pengecekan, /SURFACE : otomatis cek permukaan disk sebelum mengecek lainnya, /UNDO : untuk membatalkan proses scandisk, /FRAGMEN : untuk mengecek file yang sudah didefragmentasi.

Demikianlah teman-teman cyber bagaimana cara kita menggunakan perintah-perintah DOS, sebenarnya DOS itu sangat penting untuk kita ketahui karena DOS adalah dasar dari ilmu komputer. Terima kasih teman-teman atas saran, nasehat dan permintaan semuanya, semoga semua ini berguna untuk teman-teman cyber semuanya.

Lebih lengkapnya bisa didownload disini

2 Tanggapan to “Tutorial MS-DOS”

  1. faiz said

    thank’s bro nanti dicoba ok

  2. MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

    Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan symbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).
    Nah kalo kamu mau tahu lebih jelas lagi coba kamu masuk ke menu Command Prompt trus kamu ketik Help. nanti disitu akan ditulis Syntax-Syntaxnya dan fungsinya untuk apa..

    Kalo mau tahu lagi tentang MS DOS dan Ilmu Komputer Lainnya coba aja submit ke <a href="http://mr-amateur.co.ccmr-amateur.co.cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: