Dunia Cyber

Just another WordPress.com weblog

Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat BIP

Posted by rafikaananta pada Maret 1, 2009

Banyak teman-teman cyber yang merasa kesulitan mengetahui kerusakan suatu komputer atau laptop, nah untuk kesempatan ini Dunia Cyber akan memberitahu tahu caranya mendeteksi kerusakan Hardware Lewat Bunyi BIP. Nah bagi teman-teman cyber yang belum mengetahui maka caranya ada di bawah ini sehingga teman-teman cyber tidak perlu ke bengkel komputer kecuali kalau benar-benar rusak PARAH….!!!!!
Saat komputer dihidupkan, BIOS melakukan POST (power-on self test). POST diperlukan untuk memastikan sistem berfungsi sebagaimana mestinya dan juga mencari informasi hardware apa saja yang ada pada komputer. Saat BIOS mendeteksi ada masalah saat POST, BIOS akan mengirimkan pesan kesalahan (error messages).
Pada beberapa kasus, masalah tersebut dapat di deteksi lebih awal sehingga BIOS tidak dapat mengakses video card dan tidak dapat menampilkan pesan kesalahan tersebut.
Jika seperti ini yang terjadi, BIOS akan mengeluarkan suara ‘bip’ yang memiliki pola tertentu yang sesuai dengan kesalahan yang diidentifikasinya.
Suara ‘bip’ tunggal saat proses booting setelah tampilnya pesan startup pada monitor adalah normal dan tidak ada kegagalan. ‘Bip’ yang dimaksud disini adalah yang dihasilkan pada saat prosedur POST belum selesai dan belum ada informasi apapun yang ditampilkan pada layar. Kode ‘Bip’ BIOS ini bergantung tipe dan BIOS yang Anda miliki. Yang populer adalah AMI dan Award BIOS. Oleh karena itu, tulisan ini hanya membahas kedua tipe BIOS tersebut.
AMI BIOS
1 X suara BIP
Kegagalan refresh DRAM. Sistem mempunyai masalah mengakses memori untuk merefreshnya.
2 X
Kegagalan rangkain parity. Pada data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi dan koreksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau motherboard.
3 X
Kegagalan base memori 64K. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM. Kegagalan ini bisa disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak.
4 X
Kegagalan system timer. Kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
5 X
Kegagalan prosesor. Dapat disebabkan panas berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam socketnya.
6 X
Kegagalan keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengedalikan keyboard Anda.
7 X
Kesalahan prosesor.
8 X
Kesalahan baca/tulis memory display.
9 X
Kerusakan BIOS.
10 X
Kesalahan CMOS.
11 X
Kerusakan cache memori.

AWARD BIOS
Award lebih menyukai pesan lewat monitor. Tapi ada saatnya video card tidak berfungsi dan pesan ditampilkan menggunakan kode bip tersebut. Oleh karena itu, kode bip pada BIOS tipe ini lebih sedikit. Kode bip pada BIOS ini juga seperti tanda morse, mengkombinasikan bip panjang dan pendek.
1 bip panjang
Masalah pada memori. Kemungkinannya adalah memori tidak terpasang benar, atau juga chip memori rusak. Bisa juga berhubungan dengan kerusakan motherboard.
1 bip panjang, 2 bip pendek
Kesalahan sistem video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menuliskan pesan error ke layar. Ada beberapa kemungkinan, antara lain video card dipasang pada sistem yang sudah ada video card on-board, atau menggunakan IRQ yang sudah terpakai untuk video card tersebut sehingga terjadi konflik. Kemungkinan lain, video card tidak terpasang dengan baik.
1 bip panjang, 3 bip pendek
Sama seperti di atas, ada kesalahan pada video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menampilkan pesan kesalahan ke layar.
Suara bip sambung menyambung
Dapat disebabkan memori atau video card.
Ada beberapa pedoman umum yang dapat digunakan untuk setiap BIOS. Pedoman umum ini hanya dapat digunakan untuk kesalahan yang terdeteksi sebelum dan saat Power On Self Test (POST). Kita sudah mengenal prosedur yang dilakukan computer saat mulai dihidupkan, dan ini akan sangat membantu dalam mendiagnosa masalah yang ada.
Pertama kali saat komputer dinyalakan, power supply akan mengirimkan daya ke semua komponen. Bila pada saat dinyalakan tidak ada reaksi apapun, maka periksalah power supply internal yang terletak pada komputer Anda. Untuk mengetesnya, kita bisa menggunakan LED (Light Emiting Diode) dan kemudian pasang pada POWER LED connector. Jika nyala, berarti power supply masih bagus.
Kemudian, jika semua komponen sudah mendapat daya yang cukup, prosesor akan bekerja mencari intruksi. Ia akan mencari intruksi ini pada ROM BIOS. Untuk prosesor, kemungkinannya adalah panas yang berlebih akibat overclock atau posisi tidak sempurna. Untuk BIOS, kemungkinannya kecil bahwa letak chip BIOS tidak sempurna.
Cek BIOS dapat dilakukan pada komputer lain. Beberapa virus sudah dapat merusak program BIOS. Jika POST mau berlanjut tapi tidak selesai, kemungkinan besar masalah ada pada motherboard. Untuk yang ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan :
Jika PC tidak mau booting sama sekali, pastikan komponen minim sudah terpasang, yaitu prosesor, memori terisi dengan tepat, video card, dan sebuah drive, dan pastikan semua komponen ini terpasang dengan benar. Komponen yang tersolder tidak boleh ada yang hilang.
Lepaskan komponen-komponen yang tidak wajib, seperti ekspansi card, peripheral eksternal seperti printer, scanner dan lain-lain, karena pemasangan yang tidak benar dapat menyebabkan I/O error. Kemudian hidupkan sistem, dan coba pasang satu-persatu card tersebut untuk mengujinya.
Cek ulang setting jumper pada motherboard. Pastikan tipe prosesor, bus speed, multiplier, dan jumper tegangan. Dan pastikan juga jumper BIOS berada pada posisi semestinya.
Ubah setting BIOS ke setting default untuk memastikan masalah tidak terletak pada setting BIOS yang berlebihan. Contohnya dengan menurunkan read/write access time memori dan hard disk. Cek semua koneksi kabel pada motherboard sudah benar. Cek apakah ada komponen yang mengalami panas berlebih. Jika ada, ubah setting BIOS dan setting yang lebih rendah.
PENANGANAN LANJUT
Untuk kasus 1, 2, dan 3 kali bunyi bip, cobalah perbaiki posisi memori dahulu. Jika masih terjadi, ada kemungkinan memori rusak. Ganti dengan memori baru.
Untuk 4, 5, 7 dan 10 kali bip, motherboard rusak dan harus diperbaiki atau diganti. Untuk 6 kali bip, coba perbaiki posisi chip keyboard controller. Jika masih ada error, gantilah chip keyboard tersebut.
8 kai bip menandakan memori error pada video adapter. Ganti video card.
9 kali bip menandakan kegagalan chip BIOS. Biasanya bukan disebabkan posisi kurang sempurna.
11 kali bip, ganti cache memori.

48 Tanggapan to “Mendeteksi Kerusakan Hardware Lewat BIP”

  1. slayerazi said

    om, saya kalau main game kok keyboardnya gak kedeteksi ya, padahal kalau biasa kek ngetik bisa.

    game yg gak bisa banyak lagi, game resident evil 4, need for speed most wanted, hard truck, call of duty 5

  2. rafikaananta said

    Salam buat mas slayerazi….
    sebelumnya saya minta maaf karena baru membalas komentar anda tentang keyboard yang ga terdeteksi pada saat main game. OK, saya coba menjawab pertanyaan anda itu dan semampu saya ya mas !!!
    Saya sendiri pernah mengalami hal seperti pada saat main NFS Most Wanted keyboard tidak bisa jalan, lalu setelah saya telusuri ternyata ada kerusakan pada system windowsnya. setelah saya install kembali windowsnya game berjalan dengan baik dan lancar namun memang ada beberapa games yang tidak suport dengan windows vista jadi lebih baik kalau anda mau main game yang kelasnya tinggi lebih baik pakai windows XP aja dan saya anjurkan gunakan Windows XP SP-3 saja karena systemnya sangat computiblle segala aplikasi termasuk games. Tapi sebelumnya anda coba dulu di settingan control di game anda itu siapa tahu settingan keyboard memang belum dienabled atau diaktifkan.
    Terimakasih atas pertanyaanya dan saya harap jawaban saya termasuk solusi yang anda cari.
    Mohon maaf apabila ada kesalahan atas jawaban saya.

    Salam Cyber’s

  3. Bagas said

    Met Sore Om….aku mau nanya komputer aku bunyi bip panjang dan gak mau hidup, padahal udah aku cek semua mulai dari prosesor, ram, vga masih baik semua.jadi itu apanya om yang bermasalah.,tolong solisinya di balas ke email aku ya…:
    sebelumnya aku ucapain makacih.

  4. acho said

    mat sore uncle…I dari Timor leste mau nanya nii kenapa ya komputerku ketika di nyalakan ko ngak tampil di layar (yg tampil hnya hitam) dan bunyi bip 5X dan 1X bunyi panjang dan ngak mau hidup, pada hal udah aku coba cek mulai dari ram, vga, prosesor, dan semuanya masih baik. jadi itu apanya yang rusak uncle, helpme… berikan solusinya lewat email aku ya…

    sebelumnya aku ucaping makasih buanyak

  5. rafikaananta said

    salam cyber maniaks…..
    oke saya coba jawan ya !!!!
    pertama-tama pada saat cpu dinyalakan ada bunyi BIP gak ? kalo ada bunyi berapa kali bunyinya ?
    biasanya kalo cpu nyala tapi layar ga ada gambar bisa disebabkan dari RAM, VGA atau dari kabel monitor itu sendiri…..tengkyu ya atas pertanyannya…….salam cyber maniak’s………..!!!!!!!!!!!!!!!!111

  6. blue said

    komputer saya pada saat pertama kali hidup langsung restar lagi setelah di coba lagi maka keluar bunyi “tinut-tinut” mohon pencerahanya!

  7. Deny said

    Hy mana bunyi bip yang di bios phoenix? w tunggu 2 hari dri sekarang!

  8. rico said

    sy bru ganti mouse optik sbknnya yg biasa, tp di monitor yg tampil no signal kenapa ya? padahal kemaren gak papa cuma mosenya yg lama ga bisa klik kanan. tlg bantuan nya bang.tq

  9. rafikaananta said

    salam kenal dari dunia cyber….
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda untuk soal itu !!!
    Begini cyber maniak apabila komputer pada saat dibooting atau dihidupkan lansung restart lagi dan ada bunyi beep panjang yang berulang-ulang itu biasanya karena ada masalah pada rangkaian di mainboardnya jadi coba cyber maniak di lepasin semua dan dirangkai kembali, itu karena kemungkinan ada yang longgar

  10. rafikaananta said

    pada dasarnya sama saja system kerja bios yang penting speaker kecil yang ada dibios terpasang di mainboard karena itu sangat penting bagi keberadaan cpu untuk mendeteksi kesalahan pemasangan atau kerusakan hardware

  11. rafikaananta said

    begini mas coba anda periksa lagi kabel VGA yang menempel di monitor dan cek power supply nya yang barang kali sudah ngedrop sehingga untuk mengangkat mouse sudah ga bisa

  12. terry said

    Salam kenal mas,
    saya juga punya masalah yang hampir sama, bedanya sewaktu dihidupkan, tidak ada bunyi sama sekali, fan dan power supply hidup, CD rom drive kedip2 bentar, tp monitor sama sekali ga hidup alias hitam semua. Setelah nunggu lama juga sama, tidak ada reaksi ke monitor. Sebelum kasus ini, komputer sering mati sendiri karena overheating. Kira2 apakah ini efek lanjutan dari sering overheating ya?
    Thx before and after :)

  13. diah said

    q mo nnxk, laptop q klo d hdupin sllu berbunyi bip pnjng trus cra ngtasi keslhan tu bgmn?

  14. rafikaananta said

    Salam kenal dari cyber maniak’s…………

    sebelumnya dari pertanyaan mbak diah kurang begitu mendetail karena apakah pada saat dihidupkan dan ada bunyi bip panjang laptopnya masih bisa masuk ke OS atau tidak ?!
    Kalau laptopnya di ON kan terus berbunyi bip panjang dan layar laptop tidak tampil itu biasanya disebabkan RAM atau hardisk yang longgar atau rusak.
    Tetapi kalau layar menyala dan terus melanjtukan ke proses OS masih jalan itu biasanya settingan pada bios ada yang salah atau kurang pas.

  15. rafikaananta said

    Salam kembali dari Cyber Maniak’s……….

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda.
    Kemungkinan permasalahan itu ada di settingan mainboardnya dan mungkin juga karena overheating yang berlebihan. Sekarang coba anda clear bios saja settingan mainboardnya dengan cara mencari jumper pada mainboard yang anda pakai, sehingga settingan mainboard kembali pada default awal.
    Terima kasih atas pertanyaannya dan mau masuk ke Blog saya.

  16. Yudhi said

    Bang,laptop saya sering hang waktu lagi ngetik dan sedang pake charger. Kalo pake batere ga pernah nge-hang. Laptopnya Compaq Presario CQ40

  17. yahdi said

    bagaimana kalau CPU hidup tpi gak ada bunyi BIP dan gambar tidak muncul..tolong bantuannya..terimakasih,yahdi

  18. rafikaananta said

    Salam kenal cyber maniak’s…..

    Terimakasih atas pertanyaannya dan saya akan mencoba menjawabnya…..!!!

    pada prinsipnya ada bunyi BIP atau tidak kalau komputer itu hidup tapi tidak muncul di monitor yang anda lakukan pertama kali adalah memeriksa RAM dan VGA, apabila VGA anda onbord kemungkinan kerusakan ada di RAM. Sekarang anda coba mencopot RAM nya dan bersihkan slotnya lalu pasang kembali kalau perlu pindah slot. kalau tetap tidak bisa coba anda cler bios mainboard anda.

    Semoga sukses…..

    Salam Cyber……

  19. adhy said

    mt malam pak saya mo tanya,komputer q kmrn q instal windows 7 rc
    trs bru 2 minggu sering restart sendiri,trus q instal pake win xp 2 tapi tetap restart sendiri malah keluar BSOD,trs kmrn ramnya udah q ganti tp msh kluar BSOD waktu di instal xp,tp klu q instal linux lancar aj,kira2 apanya yang rusak ya pak? moon bantuannya…!!!!!
    salam sukses…!!

  20. rafikaananta said

    sebelumnya saya mau tanya komputer anda speknya apa ?
    karena menggunakan windows 7 harus komputer yang speknya sangat tinggi

  21. saffron said

    mas mau tanya nih. komputer saya rada aneh.. kadang2 penyakit nya muncul.

    penyakit yang kadang2 muncul itu adalah sewaktu saya menyalakan PC saya, PC saya menyala dengan normal (nyala doang) dan tidak menampilkan proses booting di layar (layar mati). dan tidak masuk ke boot sama sekali pun. dan tidak masuk ke windows sama sekali

    kemudian saya biarkan beberapa saat, setelah itu komputer tiba-tiba mati sendiri dan hidup sendiri lagi. tapi tetap saja tidak menampilkan prosses boot di layar.

    kemudian saya biarkan untuk beberapa jam kemudian, kalopun saya beruntung, ketika saya nyalakan kembali PC saya, menjadi normal kembali.

    hal ini terjadi tidak terduga mas. kadang normal, kadang datang penyakitnya… kira2 ada solusi ga mas untuk hal ini.. saya sungguh merasa bingung sendiri.

    spek

    MOBO GIGABYTE EP31-DS3L
    RAM DDR2 CORSAIR 2GB (1GB+1GB)
    PROCESSOR INTEL CORE2DUO E8400 3.0 GHz
    VGA ATI RADEON HD 3650 512 MB 128 bit

  22. rafikaananta said

    Salam kenal dari dunia cyber…..

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas kunjungannya di blog saya.
    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda, dengan penjelasan saudara diatas bahwa ada 2 kemungkinan yang mengalami masalah yaitu antara Mainboard dan RAM.
    Sekarang coba saudara clear bios mainboard dengan cara memindah jumper yang ada atau mencopot batu cmos selama kurang lebih 5 menit lalu dipasang kembali agar semua sistem yang ada mainboard kembali ke default, setelah itu dilakukan coba anda nyalakan kembali apakah masih mengalami hal yang sama atau tidak. kalau masih mengalami hal yang sama maka cobalah periksa RAM anda.
    Semoga jawaban saya merupakan solusi bagi saudara.
    Terimakasih atas pertanyaannya.

    Salam Cyber…………….

  23. Ardi said

    Mantraaap…thanks

  24. ahmad said

    mas mau tanya nih,
    comptrku pas dinyalain bunyi bip normal,tapi saat bios lagi run,terus berhenti ga mau booting,dan saya coba untuk setup keyboard ga berfungsi padahal udah coba pake keyboard usb pun sama,saya akalin saya restart ulang dan langsung klil del muncul setup tapi ga bisa save,walaupun dah setup default dan terus save & exit,tetep aja ga mau booting dan jam kembali semula asal pembuatan,kira kira masalahnya apa itu ya,dan udah coba diclear cmos nya juga

  25. widi said

    mas mengapa computer saya tidak bisa maen game online yaitu pb . .
    saat mau masuk ada tulisan grafic device not support . .

  26. rafikaananta said

    Terimakasih atas pertanyannya mas Widi.
    Saya langsung jawab saja ya soal kenapa laptop anda tidak bisa untuk bermain game online.
    hal itu disebabkan karena game online yang anda mainkan membutuhkan memory VGA yang tinggi dan sedangkan VGA yang anda punya kemungkinan lebih kecil dari yang seharusnya, jadi game tersebut tidak bisa dimainkan. atau bisa juga VGA di laptop anda belum terinstall drivernya sehingga system OS yang anda pakai belum bisa membca memory VGA di laptop.

    Mungkin sekian jawaban dari saya soal pertanyaan anda.

    Salam Cyber………………..

  27. lukman said

    mas mau nanya nieh komputer mati tidak ada tampilan di layar monitor tapi gak ada suara bip.kira2 apa ya

  28. lukman said

    oiy mas sekalian jawaban nya kirim ke email ya sebelum nya makasih mas

  29. masbhay said

    Nanya oom,
    Kompi pentium 4,saat pertama dihidupkan langsung belum bisa ke menu bios, hanya tampilan jenis motherboardnya aj, trus disuruh Press enter DEL to continue. Masalahnya adalah keyboard tidak bisa berfungsi. Baik yg jenis PS2 maupun USB(stag). Padahal batrey CMOS udah diganti, tapi tetep aja stag, keyboard tidak ada reaksi. Mohon pencerahan.
    Thx oom.

  30. chrisna said

    mas saya mau tanya dunk leptop saya ini setelah saya hidupkan ltidak ada bunyi bib dan tidak tampil gambar tetapi jika saya menekan tombol shift baru akan muncul gambar dan dapat masuk ke windows kira-kira apan ya masalhnya tolong dunk jawabanya kirim ke Email saya chrisna_praditya@yahoo.com
    terimakasih

  31. Al hakim said

    bang mau nanya nih. kenapa ya PC saya Tiba2 mati dan mengeluarkan suara bib panjang, padahal memori nya sudah di periksa, dan memorinya tidak rusak. mohon informasinya bang terimakasih Emai saya : empat.putra@rocketmail.com

  32. semuel said

    Mas mau nanya nih ….laptop aku kalau dinyalakan tampak adaptor atau pake batteray tdk mau nyala pada hal batteray bagus

  33. hendri said

    Mas Sya mau nanya ni? Komputer saya setelah di tembah RAM Mengeluarkan suara Beep panjang terus-menerus dan tidak bisa masuk ke Windows,kira-kira yang rusak apanya ya ?

  34. rafikaananta said

    Coba anda cek juga VGA nya karena kemungkinan kalau ada suara beep itu kerusakan ada di VGA atau di RAM.

  35. Om mau nanya nie…
    kenapa yah komputer saya sering ilang suaranya..?
    padahal pas baru nyalain masih ada, tapi lama2 suaranya ilang begitu ajah…
    Tolong pencerahannya gan

  36. rafikaananta said

    Maaf pertanyaan anda belum begitu detail, yang dimaksud dengan suara hilang itu apa suara dari soundcard apa suara lainnya ?

  37. Erlan Baztiar said

    kan aku pencet icon yg gambar speker(buat pengatur suara), eh malah gak bisa ada bacaannya begini : “There are no active mixer devices available. To insstal mixer devices, go to control panel, click printers and Other Hardware, and then click add Hardware.
    This program will now close.”

  38. rafikaananta said

    Kalau seperti itu biasanya driver anda belum begitu komplete waktu mengisntalnya, coba anda instal ulang driver souncardnya

  39. Erlan Baztiar said

    ok mas terima kasih atas bantuannya…

  40. rika said

    langsung aja ya mas!
    masalah di komputer saya , kenapa saat dihidupkan tdk mengeluarkan bunyi BIB trus dimonitor ada tulisan NO SIGNAL padahal sudah dicheck memori dan VGA nya. kira-kira apa yang perlu diperbaiki ya ?

    terima kasih sebelumnya.

  41. rafikaananta said

    Langsung aja ya mas saya jawab, berarti waktu di hidupkan yang menyala hanya cpu tapi monitor tidak conek ke cpu.
    saya kira itu kerusakan ada pada monitornya atau ga pada kabel monitor itupun kalo anda sudah mengecek RAM dan VGA nya.

    Terimakasih atas pertanyaanya

  42. noerone said

    lapatop HP intel atom .setiap masuk ke menu windows kadang tampilan shortcut ada kdg tdk ada..dan bunyi bib 11 kali ..keybord tak berfungsi saat klik salah satu prog selalu lodinng aja …di instal ulang saat masuk bios tekan f10.. masuk bios tp di set tidak bisa karena keybord tak berdungsi. ganti memori keluan tetap. apa yg rusak mas..tlg bantuanya .thx

  43. Irvan said

    mau tanya om…
    saya punya laptop presario cq 40.pas dinyalakan kadang berhenti sendiri n beberapa menit normal lagi.itu penyebabnya apa ya om tolong dikirim ke emai saya.trimakasih

  44. steven said

    mau tanya om…
    laptopku mati, klo di hidupkan, kipa, layar ga ada reaksi, tp lampu indikator laptop nyala, laptopku toshiba L100…mohon pencerahanx..
    balas di E-mailku aja ..andref.steven@yahoo.co.id

  45. budi said

    pagi, mau minta tolong ni motherboard amptron 1945LM4 punyaku tiba2 gak mau nyala sama sekali kira2 penyebaknya apa ya????? masukannnya aku tggu. termikasih

  46. ka2nk said

    salam kenal om mau nanya nih….leptop ku acer emachines d720 klo di instal window xp or w7 selalu ga2l setelah selesai instal ga bs start window tp anehnya klo instal pake linux lancar en ga da masalah semua hardware kedeteksi sempurna….mohon mencerahanya y om…..??>?

  47. Rara said

    mas.saya mengalami masalah pada laptop thosiba. Laptop yg sebelumnya tidak ada masalah, tiba-tiba mengalami masalah sound. Disistem tray(pojok kanan bawah) yang biasanya ada logo speaker tiba2 hilang. Saya cek di device manager Realtek HD Audio nya tidak ada.Saya cek dengan dxdiag pada tab sound,tak satupun ada identitas alias kosong.
    Saya cek pada control panel-sound devices,opsinya mati alias tak bisa diapa2in.Tapi saya cek pada control panel-add or remove program-Realtek HD Audionya ada.
    Saya coba instal ulang driver soundnya tetap tidak ada perubahan.Terus dulu saya pernah melakukan back up driver dengan driver genius,saya coba untuk restore.Tetap tidak menghasilkan perubahan apa-apa. Apakah ada indikasi kerusakan hardware?
    Saya benar2 bingung.Mohon bantuannnya mas.Saya ucapkan terima kasih.

  48. tomy said

    Mas, salam kenal sy tomy. komputer sy ada kendala. setiap main game fsp, komputer selalu mengeluarkan suara bip panjang. tp jika sy hentikan gamenya, bunyinya hilang. Sy sudah ganti psu menjadi enlight 450w.
    fyi: pro atlon 2 mb ecs a785 memori 3x1gb kingston, vga 1gb asus 5450.
    tks.

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

